on 15 Januari 2010

AJAR BAHASA INGGRIS AGAR TIDAK MEMBOSANKAN


Belajar kadang membuat kita jenuh. Apalagi bila materi yang dipelajari bukan hal baru sama sekali seperti pelajaran present continuous tense dalam bahasa Inggris. Siswa kelas 4 SD sudah dapat mata pelajaran ini.

Bagaimana menumbuhkan antusias belajar siswa untuk materi pelajaran seperti ini? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pengajar.

Pertama, ungkapkan apa manfaat / kemampuan yang akan didapat siswa setelah mempelajari materi tersebut. Hal ini perlu disampaikan agar minat siswa tumbuh sehingga antusias dalam belajar meningkat. Yang kedua, pengajar harus sampaikan bagaimana proses belajar mengajar ini sebaiknya berlangsung. Siswa harus relax tetapi cukup serius saat belajar. Ruang belajar dibuat sedemikian rupa sehingga antara pengajar dan siswa mudah berkomunikasi. Contoh: kelas dibuat U Style. Selanjutnya, presentasikan materi yang ada secara sederhana. Jangan lupa berikan banyak contoh-contoh. Setelah itu, siswa diberikan latihan-latihan yang telah disiapkan. Latihan berbentuk drilling dan completion sedikit saja. Perbanyak latihan berbentuk role-play dan membuat kalimat. Terakhir, lakukan evaluasi agar diketahui hasil yang telah dicapai siswa dalam sesi tersebut.

0 komentar: