on 06 Februari 2009

Tujuan Belajar

Dalam belajar sebaiknya kita menentukan berapa lama dan hasil apa yang ingin dicapai. Salah satu tujuan belajar kita buat agar kita dapat mengukur tingkat keberhasilan yang kita capai.

Contoh untuk pemula kita berikan waktu ± 1,5 jam untuk dapat menguasai percakapan ’greeting’ dalam bahasa Inggris. Penguasaan meliputi pengetahuan greeting expressions dan dapat mengungkapkan greeting expressions tersebut baik secara tertulis ataupun lisan.

Kita juga dapat menentukan tujuan belajar untuk jangka panjang. Misal kita ingin dapat bekerja di perusahaan multi nasional sehingga kemahiran berbahasa Inggris merupakan keharusan. Ini akan menumbuhkan minat kita dalam belajar lebih giat lagi. Tujuan jangka panjang tergantung pada individu.

Minat

Dalam belajar bahasa asing, minat juga memegang peranan penting untuk mencapai hasil yang maksimal. Kadang orang tidak minat terhadap bahasa asing tetapi dia harus belajar karena alasan tertentu. Ada beberapa tip untuk menumbuhkan minat belajar diantaranya:


Sikap tubuh saat belajar

Sikap tubuh bersandar di kursi menunjukan minat yang kurang. Agar minat tumbuh, kita harus duduk tegak tapi relax. Usahakan saat instruktur memberikan pelajaran kita aktif untuk mengikuti tidak pasif.

Ruangan Tempat Belajar

Ruangan yang sempit, panas, berisik akan mengganggu konsentrasi belajar. Oleh karena itu, sebelum memulai pelajaran matikan televisi, radio. Ruangan yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik akan membantu proses belajar lebih baik.

Perhatian Terhadap Materi Pelajaran

Pikiran yang tenang akan membantu dalam pencapaian tujuan belajar. Jangan memikirkan hal lain diluar materi pelajaran. Misal kita memikirkan parkir mobil atau hal lain akan mengganggu konsentrasi kita.

Media

Dalam mempelajari bahasa asing penggunaan media balajar seperti majalah, siaran radio, televisi, internet, dll sangat membantu pencapaian tujuan belajar. Saat menonton film berbahasa Inggris di televisi, jangan baca subtitle (terjemahan yang tertulis di bawah layar). Tonton dan simak bahasa yang digunakan. Sambil menonton, kita melatih ketrampilan mendengar. Untuk meningkatkan kosakata dan ketrampilan membaca kita bisa menggunakan surat kabar atau majalah berbahasa Inggris.

Partner

Partner memang perlu untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis. Bila kita belajar di lembaga bahasa tentu guru merupakan parter yang sangat tepat. Bila otodidak, kita perlu mencari orang yang minimal sudah bisa berbahasa Inggris untuk latihan percakapan. Bisa teman atau orang asing yang berwisata di Indonesia. Ajak mereka berbahasa Inggris.

1 komentar:

Kelapa dua Gundar mengatakan...

bravo...bravo...
belajar terus...terus belajar
bangsa ini akan maju,besar...dgn banyak belajar